Rayakan Idul Adha, Polres Bengkulu Utara Sembelih 12 Hewan Kurban

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Menjalani prosesi Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Polres Bengkulu Utara laksanakan kurban sebanyak 12 ekor hewan Sapi dan kambing. Dimana, ke 12 ekor tersebut langsung dibagikan kepada masyarakat. Penyembelihan 12 ekor hewan kurban ini, langsung dilakukan oleh Kapolres Bengkulu Utara AKBP Andy Pramudya Wardana, S.Ik di lokasi Asrama Polres Bengkulu Utara. Seusai disembelih, daging kurban selanjutnya dibungkus dan dibagikan kepada beberapa panti asuhan dan juga masyarakat Bengkulu Utara.

“Idul Adha tentu menjadi momen untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan berkurban,” ujar Kapolres.

Ia pun menambahkan, sebagai kewajiban bagi umat muslim yang mampu. Tujuan berkurban juga untuk membuang sifat negatif yang ada pada diri manusia, seperti sombong, congkak, angkuh, ingin menang sendiri, bersenang-senang di atas penderitaan orang lain dan lain sebagainya. Untuk itu, selain menjadi ajang tali silaturrahmi, kegiatan ini juga guna mengingatkan kepada semuanya, rasa bersyukur. Semoga kegiatan ini mendapat ridho dari Allah SWT dan mendapat barokah.

“Dengan berkurban dan berbagi daging, akan meningkatkan tali persaudaraan dengan sesama, sekaligus bentuk kepedulian dan perhatian, utamanya bagi saudara-saudara kita yang kurang mampu. Semoga ini dapat bermakna dan bisa memberikan keringan bagi semua,” demikian Kapolres.

Sementara itu, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Dan Pertanian Bengkulu Utara pastikan sebanyak 1082 ekor sapi dan kerbau, yang diqurbankan dalam hari Raya Idul Adha oleh umat muslim, bebas dari penyakit PMK. Hal ini disampaikan, oleh Kepala DTPHP BU Kuasa Barus kepada awak media.

“Iya sebanyak 1.082 ekor sapi dan kerbau yang dikurbankan sudah kita cek bebas dari penyakit PMK,” ujar Kuasa Barus.

Barus juga menjelaskan, selain sapi dan kerbau pihaknya juga mengantisipasi penyakit dari hewan kurban kambing, yang tahun ini sejumlah 610 ekor se Kabupaten Bengkulu Utara. Dalam hal ini, pihaknya telah maksimal melakukan pengawasan yang dibantu oleh personil Polres Bengkulu Utara, untuk memastikan hewan kurban yang akan dikurbankan sebelum ini, telah menjalani pemeriksaan dan pengecekan oleh ahli dari dokter hewan. Sehingga, pihaknya berani memastikan hewan kurban tahun ini di BU bebas penyakit PMK.

“Upaya ini kita lakukan, lantaran merebaknya penyakit hewan ternak belakangan ini. Untuk itu, kami sudah jauh jauh hari melakukan pengecekan dan inventarisir hewan, yang akan dikurbankan pada hari raya Idul Adha. Alhasil, sejumlah hewan yang sudha pasti dikurbankan bebas dari penyakit PMK,” demikian Barus.


Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment